Lima Manfaat Seafood Bagi Tubuh Kita

ilustrasi seafood platter

Lima Manfaat Seafood Bagi Tubuh Kita

Lima Manfaat Seafood Bagi Tubuh Kita 1920 1280 Suryo Pramono

Tubuh Famz membutuhkan asupan vitamin serta mineral agar dapat berfungsi dengan semestinya. Tahukah Famz kalau sebagian besar zat-zat tersebut diperoleh dari  makanan yang dikonsumsi oleh Famz. Oleh sebab itu, fams harus cermat memilih sumber bahan makanan yang sehat, serta mengandung vitamin juga mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Salah satu pilihan bahan makanan yang mengandung vitamin serta mineral adalah bahan makanan yang bersumber dari laut, atau dikenal dengan sebutan seafood. Manfaat mengonsumsi seafood karena seafood mengandung protein hewani yang mudah diserap tubuh, omega-3 yang dibutuhkan sebagai nutrisi otak, vitamin B Kompleks yang dibutuhkan bagian gerak tubuh, serta banyak kandungan lain yang bermanfaat bagi tubuh.

Berikut lima kandungan dalam seafood yang bermanfaat bagi tubuh kita.

Baca juga: Tips menghadapi anak susah makan

 

Mengandung Protein Hewani

Caption: Ikan merah mengandung banyak protein hewani.

Source: faunadanflora.com

Menurut Ketua umum PERGIZI Pangan Indonesia, “Protein hewani membuat pertumbuhan sel-sel organ tubuh dengan baik atau memperbaiki sel tubuh yang mengalami kerusakan, meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu pertumbuhan”. Ketua umum PERGIZI Pangan Indonesia, Prof. Hardinsyah MS PhD, menyatakan protein hewani sendiri sangat baik dikonsumsi oleh kita, karena protein berasal dari hewan sangat mudah diserap oleh tubuh Famz. Ikan mengandung asam amino esensial yang tidak rusak saat proses pengolahan serta asam lemak tak jenuh yang berguna untuk pertumbuhan dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah kita.

Baca juga: Waspadai ikan yang tidak layak dikonsumsi

 

Mengandung Vitamin B Kompleks

Caption: seafood banyak mengandung vitamin B Kompleks.

Source: manettas.com.au

Vitamin B Kompleks adalah gabungan dari delapan vitamin B yang sangat berguna untuk tubuh Famz. Vitamin B1 (thiamine), yang bertugas mengubah makanan menjadi energy, Vitamin B2 (riboflavin), untuk membantu kulit dan mata fams tetap terjaga sehat, Vitamin B3 (niacin), menjaga sistem saraf, mengubah makanan menjadi energi serta menjaga kesehatan mata, Vitamin B5 (pantothenic acid), berguna untuk pertumbuhan tubuh dan produksi hormone, Vitamin B6 (pyridoxine), berguna dalam pembentukan haemoglobin yang bertugas mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Selain itu vitamin ini juga mengubah protein dan karbohidrat dari makanan menjadi energy, menjaga beberapa sistem imunitas tubuh. Vitamin B7 (biotin), vitamin ini memiliki peran penting dalam memecah lemak dan karbohidrat menjadi asam lemak dan glukosa untuk dijadikan tenaga bagi tubuh. Vitamin B9 (folic acid), bersama vitamin B12 bertugas membentuk sel darah merah. Vitamin B12 penting dalam produksi sel darah merah, memproses vitamin B9, mengubah makanan menjadi energi, serta menjaga sistem saraf tubuh agar tetap sehat.

Baca juga: Udang dan manfaatnya bagi kesehatan

 

Mengandung Omega-3

Caption: Seafood mengandung omega-3

Source: aquabestnyc.com

Salah satu manfaat seafood adalah mengandung asam lemak omega-3. Sudah banyak penelitian yang memberi informasi mengenai manfaat dari asam lemak omega-3. Sayangnya tubuh Famz tidak bisa memproduksi asam lemak omega-3, sehingga kebutuhan asam lemak omega-3 diperoleh dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Seafood termasuk salah satu penyumbang asupan asam lemak omega-3 yang dibutuhkan tubuh fams.

Manfaat asam lemak omega-3 diantaranya menjaga kesehatan mata. Untuk ibu hamil, asam lemak omega-3 dapat meningkatkan kecerdasan buah hati dalam kandungan. Omega-3 juga bisa mengurangi gejala sindrom metabolic, melawan peradangan, melawan penyakit autoimun, mengurangi gejala asma pada anak-anak, dan mengurangi nyeri.

 

Mengandung Selenium

Caption: Seafood mengandung mineral selenium yang bermanfaat untuk jantung

Source: junglejims.com

Salah satu manfaat seafood adalah kandungan mineral selenium yang sangat berguna menjaga kesehatan jantung fams. Mineral selenium sendiri telah diteliti dan dipercaya dapat menjaga sistem kardiovaskuler, termasuk menjaga kondisi pembuluh arteri yang bertugas mengedarkan sel darah yang membawa oksigen, serta sari-sari makanan ke seluruh bagian tubuh. 

 

Mengandung Yodium

Caption: seafood mengandung kadar Yodium yang membantu membentuk hormon tiroid

Source: finedininglovers.com

Salah satu manfaat seafood yang lain yaitu mengandung kadar yodium yang cukup untuk tubuh. Yodium adalah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama kelenjar tiroid untuk membentuk hormon tiroid yang bertugas mengatur pembakaran protein dan karbohidrat menjadi energy. Yodium memiliki peranan dan fungsi yang sangat penting terhadap perkembangan mental dan kecerdasan, yodium juga berfungsi sebagai pembunuh kuman pada luka luar, mencegah terjadinya stroke, serta mencegah kanker payudara pada perempuan. 

Menurut para ahli, sebaiknya Famz mengonsumsi ikan tiga atau empat kali dalam seminggu, dan dapat mengonsumsi seafood jenis lain dua atau tiga kali dalam rentang waktu tiga atau empat minggu. Hal tersebut dimaksudkan agar tubuh juga memiliki waktu untuk mengolah sumber vitamin dan mineral yang berasal dari seafood, agar memperoleh hasil yang optimal. Mulai sekarang, Famz bisa ikut menyerukan gerakan makan seafood agar setiap keluarga dapat sehat.

 

Ditulis oleh Suryo Pramono, VIP Talent Suarise

Author Profile

Suryo Pramono
Suryo adalah talent tunanetra Suarise, dan merupakan peserta dari pelatihan Suarise Digital Content Writing batch 2.

Suryo Pramono

Suryo adalah talent tunanetra Suarise, dan merupakan peserta dari pelatihan Suarise Digital Content Writing batch 2.

All stories by : Suryo Pramono