4 Jenis Seafood Ini Bisa Mencerdaskan Si Kecil, Lho!

Ilustrasi anak bermain balok susun

4 Jenis Seafood Ini Bisa Mencerdaskan Si Kecil, Lho!

4 Jenis Seafood Ini Bisa Mencerdaskan Si Kecil, Lho! 3840 5760 Deasy Junaedi

Setiap orangtua pasti menginginkan anak yang sehat dan cerdas. Pada dasarnya, ada dua faktor yang memengaruhi kecerdasan seorang anak, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Yang dimaksud dengan faktor internal di sini adalah faktor keturunan atau genetik, sedangkan yang dimaksud dengan faktor eksternal adalah lingkungan. Terlepas dari kedua faktor tersebut, guna merangsang perkembangan otak sang buah hati, seorang ibu harus memerhatikan asupan gizi yang lengkap dan seimbang sejak di dalam kandungan minimal sampai si kecil berusia 3 tahun.

Mengapa sampai 3 tahun? Karena proses perkembangan otak balita berlangsung sangat cepat hingga ia berusia 3 tahun.  Nah, karena tumbuh kembang otak sejak kehamilan 6 bulan hingga usia 3 tahun sangat cepat dan penting, maka bayi membutuhkan banyak protein, karbohidrat dan lemak. Jadi, sampai berumur 1 tahun 60% energi makanan bayi digunakan untuk pertumbuhan otak.

Itulah sebabnya kenapa wanita yang sedang hamil harus lebih memerhatikan makanan yang dikonsumsinya.

Selain sayuran dan buah-buahan, seafood merupakan salah satu jenis makanan bergizi tinggi yang sangat dianjurkan bagi wanita hamil dan baik untuk tumbuh kembang otak anak.

Mau tahu jenis seafood apa saja yang dipercaya baik untuk wanita hamil sekaligus dapat merangsang perkembangan dan kecerdasan otak anak? Mari simak info lengkapnya di bawah ini.

 

1. Udang

Jenis seafood yang satu ini memiliki kandungan seng dan zat besi tinggi yang menjadi penghasil sel darah merah yang dibutuhkan oleh tubuh si kecil. Selain itu, udang juga kaya protein, vitamin dan mineral, seperti vitamin D, vitamin B12, vitamin E, vitamin B6, vitamin A, vitamin C, selenium, fosfor, tembaga, magnesium, sodium, potassium, dan kalsium.

Jika Famz ingin Membeli udang, pilihlah udang yang memiliki warna kehitaman yang cerah, terlihat keras dan penuh, tidak berbau busuk, serta tidak berlendir. Jenis seafood yang satu ini mudah diolah menjadi aneka masakan yang lezat seperti, bakso udang, udang goreng tepung, dan siomay udang.

Yuk, cobain siomay dari Fiesta Seafood yang lezat ini!

2. Ikan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa hampir semua jenis ikan, terutama ikan laut seperti salmon, tuna, sarden, dan makarel, sangat baik untuk perkembangan dan kecerdasan otak anak.

Ayo, cobain Fiesta Seafood Makarel Saus Tomat yang lezat ini!

Selain tinggi akan protein, ikan juga mengandung DHA dan EPA yang merupakan sumber utama asam lemak omega 3. Asupan omega 3 yang tepat bisa membantu meningkatkan fokus mental pada anak-anak dan orang dewasa. Sebuah penelitian di Inggris membuktikan bahwa anak-anak yang diberi asupan asam lemak omega 3 secara rutin mampu mendapatkan nilai lebih tinggi pada ujian membaca serta perbaikan pada perilaku mereka.

Famz bisa memasukkan ikan dalam menu makan sehari-hari dengan cara dipanggang, rebus, atau dikukus.

3. Cumi-cumi

Cumi-cumi mengandung fosfor, seng, dan magnesium yang bermanfaat untuk pembentukan dan memperkuat susunan sel-sel tulang yang kurang padat dengan memicu pembentukan sel-sel baru pengganti sel. Selain itu, jenis seafood ini juga mengandung protein, vitamin, dan omega 3 yang sarat dengan DHA yang berguna bagi pertumbuhan dan perkembangan anak

Apabila Famz ingin memasak cumi-cumi untuk si kecil, sebaiknya pilih cumi berukuran kecil, berumur muda yang berkulit putih dengan bercak cokelat kemerahan dan tidak ada robekan. Pastikan si kecil sudah berusia satu tahun lebih saat Famz mengenalkan masakan berbahan cumi ini ya.

4. Kepiting

Kepiting sarat dengan asam Lemak omega 3 yang terkenal berfungsi untuk mencerdaskan otak anak. Kandungan gizi lainnya yang terdapat di dalam salah satu jenis seafood ini juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh anak, memelihara kesehatan mata, serta meningkatkan energi dan stamina tubuh. Selain itu, protein, vitamin B12, dan mineral zinc pada kepiting juga berfungsi mempercepat penyembuhan luka pada tubuh si kecil.

Jenis seafood yang satu ini memiliki daging yang lembut sehingga mudah diolah dan dicerna oleh balita. Famz dapat mengolah kepiting menjadi sup atau bubur. Famz bisa mulai mengenalkan jenis seafood ini ketika si kecil berusia 9 bulan.

Nah itulah 4 jenis seafood yang baik untuk wanita hamil sekaligus bisa mendukung perkembangan otak si kecil. So, gimana kalo mulai sekarang Famz memasukkan seafood ke dalam daftar menu makan sehari-hari untuk melipatgandakan kecerdasan buah hati tercinta?

Produk Berkualitas dari Fiesta Seafood

Jika Famz tak punya waktu untuk berbelanja bahan-bahan seafood di pasar, Famz bisa coba produk Fiesta Seafood. Produk ini tersedia dalam berbagai pilihan rasa yang enak, sehat dan praktis. Famz bisa langsung order via online.

Produk Fiesta Seafood terbuat dari bahan-bahan segar dan berkualitas yang diolah melalui proses yang baik dan dapat dipercaya.  Selain menjadi menu favorit keluarga sehari-hari, Fiesta Seafood juga banyak digunakan oleh berbagai vendor restoran untuk menu mereka lho, Famz.

So, tunggu apalagi? Buruan cobain produk Fiesta Seafood sekarang juga dan segera dapatkan manfaatnya! Ayo makan  seafood!

 

Ditulis oleh Deassy Junaedi, VIP Talent Suarise

Author Profile

Deasy Junaedi
Deasy Junaedi
Deasy adalah talent tunanetra Suarise, dan merupakan peserta dari pelatihan Suarise Digital Content Writing batch 2.

Deasy Junaedi

Deasy adalah talent tunanetra Suarise, dan merupakan peserta dari pelatihan Suarise Digital Content Writing batch 2.

All stories by : Deasy Junaedi