Kopi Kekinian Dihadirkan dengan Rasa Milenial

Foto Biji kopi

Kopi Kekinian Dihadirkan dengan Rasa Milenial

Kopi Kekinian Dihadirkan dengan Rasa Milenial 2304 1536 Suryo Pramono

Caption: Proses penjemuran biji kopi untuk menghasilkan kopi terbaik

Source: fratellocoffee.com

Untuk lo yang mengaku CoffeeLovers, sudah tahu belum cara pengolahan buah kopi sehingga menghasilkan biji kopi yang baik dan bisa menghasilkan minuman kopi yang berkualitas? Ada proses panjang yang harus dilakukan sebelum kopi bisa dinikmati. 

Dimulai dari pemetikan buah dari pohon, kemudian pengupasan kulit buah yang menghasilkan biji kopi yang masih memiliki kulit tanduk, kemudian biji kopi yang masih memiliki kulit tanduk difermentasi. Kemudian dibersihkan sampai benar-benar bersih dengan air. setelah itu biji kopi yang masih memiliki kulit tanduk tersebut harus dijemur di bawah sinar matahari atau dengan bantuan mesin pengering, sampai menemukan biji kopi yang masih dilapisi kulit tanduk dengan kadar air yang pas, sekitar 12% sampai 15%. Setelah itu, biji kopi ditumbuk untuk memisahkan kulit tanduk dengan biji kopi, tetapi proses ini bisa dibantu dengan mesin untuk mengurangi dampak biji kopi yang hancur atau pecah. Setelah itu, biji kopi yang baik dipisahkan dari biji kopi yang rusak serta kulit tanduk, kemudian dikemas dan dipasarkan, untuk kemudian digiling dengan mesin penggiling kopi atau Coffee maker, untuk menghasilkan kopi yang nikmat. 

 

Cara Menyajikan Kopi

Caption: Secangkir kopi yang masih mengeluarkan asap menggugah selera.

Source: jamieoliver.com

Untuk mendapatkan rasa kopi terbaik, Coffee Lovers juga harus memperhatikan proses penyajiannya. Umumnya kopi tubruk adalah proses penyajian kopi yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Untuk yang belum tahu, begini cara praktis menyajikan kopi tubruk untuk menghasilkan rasa kopi yang maksimal:

1. Menyiapkan bubuk kopi

Bubuk kopi terbaik dipercaya adalah bubuk kopi yang baru saja digiling dengan sempurna (fine), maka sebaiknya untuk Coffee Lovers punya mesin penggiling sendiri. atau kalau lo harus beli di pasar, beli aja kopi tubruk yang baru selesai digiling, sehingga lo mendapatkan kualitas terbaik dari kopi tersebut. dan ingat, jangan menyimpan bubuk kopi yang sudah digiling lebih dari 2 bulan, karena akan mengurangi rasa.

2. Memasak air

Siapkan air dalam wadah teko atau panci untuk dimasak diatas kompor sampai mendidih, kemudian diamkan air selama kurang lebih 1-2 menit untuk sedikit menurunkan suhu air. karena air mendidih memiliki suhu sekitar 100 derajat, yang tidak baik untuk membuat kopi.

3. Cara penyajian

Siapkan cangkir beserta tatakannya agar tidak panas, kemudian taruh satu sendok kopi di dalam cangkir. Kalau Coffee Lovers suka kopi manis, bisa tambahkan gula. sebaiknya perbandingan kopi dengan gula adalah satu banding satu, gula bisa ditambahkan atau dikurangi sesuai selera. bagi yang suka kopi dengan bubuk cream, bisa mengikuti takaran yang sama. Kemudian tuangkan air ke dalam cangkir yang telah berisi kopi, aduk sampai benar-benar merata. rahasianya, semakin lama mengaduk, maka kopi dapat tercampur dengan sempurna.

 

Mengenal Olahan Kopi Ready To Drink

Untuk lo kaum milenial yang sering bergerak, mungkin agak sulit untuk menikmati kopi tubruk, karena keterbatasan alat, waktu dan tempat. Sementara tubuh lo membutuhkan asupan kafein untuk menjaga semangat lo dan menghindarkan lo dari kantuk. 

Jawabannya lo bisa lirik produk olahan kopi ready to drink. Sesuai namanya, ready to drink, yang artinya kopi siap diminum, memang khusus dipersiapkan untuk Coffee Lovers yang butuh asupan kafein segera. Dikemas dalam bentuk botol yang pas dalam genggaman, kopi ready to drink dipersiapkan untuk menemani lo meraih impian.

Tetapi untuk Coffee Lovers harus jeli memilih kopi ready to drink yang sesuai dengan kebutuhan badan lo. Pertama produk tersebut harus dibuat dari biji kopi pilihan yang diolah secara baik dan benar. Kedua harus memiliki asupan gizi yang baik untuk menjaga stamina, karena percuma juga kalau semangat lo besar tetapi badan lo tidak terjaga asupan gizinya. 

Untuk lo yang bingung, jawabannya bisa lo cari di mini market yang terdekat, kemudian cari di rak kopi ready to drink, bentuk botol dengan tulisan 78 putih. Yap benar! Kopiko 78C adalah produk Mayora yang memiliki semua kebaikan produk olahan kopi. Diekstraksi di suhu 78 derajat yang dipercaya dapat mengoptimalkan hasil olahan, dicampur dengan susu dan bahan lain yang memberikan asupan gizi. Kopiko 78C tidak hanya memberi asupan kafein, tetapi sekaligus juga memberi asupan gizi.

 

Varian Kopiko 78C

 

Caption: Kopiko 78 C dengan berbagai variannya.

Source: https://mayora.com/our-brands/beverages/kopiko-78/

Dengan membuat varian Kopiko 78C Coffee Latte, Kopiko 78C Mocharetta, dan Kopiko 78C Caramel Frappe, membuat Kopiko 78C sebagai kopi ready to drink kekinian untuk kaum milenial yang sesuai dengan kepribadian lo. Yuk minum Kopiko 78C sebagai teman lo para Coffee Lovers meraih impian terbesar lo!

 

Ditulis oleh Suryo Pramono, VIP Talent Suarise

Author Profile

Suryo Pramono
Suryo adalah talent tunanetra Suarise, dan merupakan peserta dari pelatihan Suarise Digital Content Writing batch 2.

Suryo Pramono

Suryo adalah talent tunanetra Suarise, dan merupakan peserta dari pelatihan Suarise Digital Content Writing batch 2.

All stories by : Suryo Pramono