Manfaat Seafood Berdasarkan Jenisnya

ilustrasi udang

Manfaat Seafood Berdasarkan Jenisnya

Manfaat Seafood Berdasarkan Jenisnya 1920 1360 Moh. Reza Akbar Ardiansyah

Tidak hanya karena cita rasanya yang lezat, seafood juga digemari karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat seafood yang utama adalah baik untuk kesehatan jantung karena biasanya seafood mengandung cukup banyak omega 3, di mana omega 3 merupakan  asam lemak yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung.  

Setiap jenis seafood memiliki manfaat yang berbeda. Berikut ini manfaat seafood berdasarkan jenisnya:

 

Kepiting

Selain kaya akan omega 3, jenis seafood berkaki sepuluh ini juga memiliki kandungan protein tinggi yang baik untuk otot dan bisa menambah tenaga. Kepiting juga mengandung elemen selenium, kromium, kalsium, tembaga, dan seng. Namun di balik manfaatnya, kepiting juga memiliki kadar kolesterol yang tinggi sehingga tidak disarankan untuk mengonsumsinya secara berlebihan.

 

Cumi-cumi

Sama seperti kepiting, cumi-cumi juga merupakan sumber protein yang baik. Selain itu, cumi-cumi juga mengandung omega-3, tembaga, seng, vitamin B dan yodium. Tembaga di dalam cumi-cumi sangat penting untuk penyerapan, penyimpanan, metabolisme, dan pembentukan sel darah merah. Sedangkan tingginya tingkat vitamin B2 di dalam cumi-cumi dapat membantu fosfor dan kalsium untuk membangun tulang dan gigi yang kuat.

 

Tiram

Tiram mengandung banyak asam amino tirosin, dimana zat ini bermanfaat untuk membantu meningkatkan mood dan mengatur kadar stres. Disamping itu, tiram merupakan sumber vitamin A, C dan B12 yang baik dan penting untuk energi. Kemudian, tiram memiliki kadar kalsium yang cukup besar untuk membentuk tulang. Hal yang perlu diperhatikan dari mengkonsumsi tiram adalah tingkat merkurinya yang tinggi.

 

Kerang

Selain mengandung selenium, zat besi, asam folat, vitamin A, vitamin B dan seng, kerang juga memiliki kadar yodium yang tinggi. Yodium merupakan unsur kimia yang sempurna untuk Famz yang mengalami masalah pada fungsi tiroid. Yodium membantu tiroid untuk memproduksi hormon tirosin. Hal ini bermanfaat untuk membantu mengurangi rasa lelah. 

 

Udang

Udang mengandung seng, yodium, dan selenium. Namun sama seperti kepiting, udang juga memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Di sisi lain, udang mengandung lemak yang sangat rendah sekitar 100 kalori per 100g. Udang segar mengandung vitamin B12 yang tinggi, dimana vitamin B12 diperlukan tubuh untuk pembelahan sel. 

 

Lobster

Selain udang, manfaat seafood juga terdapat pada lobster. Vitamin E dalam lobster membantu melindungi sel-sel dari kerusakan. Lobster juga mengandung yodium, selenium, dan vitamin B. Selain itu, di dalam lobster terkandung kalori dan lemak jenuh.  Agar tidak menambah tinggi kandungan lemak, hindari menyajikan lobster dengan bahan pendamping krim, keju dan telur. 

 

Gurita

Gurita kecil yang dimakan utuh mengandung banyak vitamin B, potasium dan selenium. Selain itu, gurita juga tinggi taurin dan zat besi. Taurin adalah asam amino yang dibuat dalam tubuh dan membantu mengurangi kolesterol dari pembuluh darah. Hal ini dapat membantu pencegahan penyakit jantung.

 

Salmon

Salmon merupakan seafood dengan kandungan omega 3 yang sangat tinggi. Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa omega 3 dapat membantu melindungi masalah penglihatan yang berkaitan dengan usia. Satu hal yang harus diperhatikan dari salmon adalah kandungan garamnya, karena kandungan garam yang tinggi akan menjadi masalah terhadap tekanan darah. 


Itulah manfaat seafood berdasarkan jenisnya. Dengan segala manfaatnya, seafood sangat cocok untuk dijadikan hidangan sehat untuk keluarga. Hal penting yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsi seafood adalah pengolahannya. Pastikan Famz mengonsumsi seafood yang dimasak dengan benar! Untuk menjaga kadar kolesterol agar manfaat seafood tetap terjaga, Famz bisa membaca tips menggoreng agar kolesterol lebih rendah. Jika tidak mau repot, Famz bisa menyajikan Fiesta Seafood yang praktis, enak, sehat untuk keluarga. Fiesta Seafood merupakan produk berkualitas untuk keluarga berkualitas!

 

Ditulis oleh Moh Reza Akbar Ardiansyah, VIP Talent Suarise

Author Profile

Moh. Reza Akbar Ardiansyah
Moh. Reza Akbar Ardiansyah
Ega adalah talent tunanetra Suarise, dan merupakan peserta dari pelatihan Suarise Digital Content Writing batch 2.

Moh. Reza Akbar Ardiansyah

Ega adalah talent tunanetra Suarise, dan merupakan peserta dari pelatihan Suarise Digital Content Writing batch 2.

All stories by : Moh. Reza Akbar Ardiansyah