Manfaat Seafood untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

ilustrasi ibu hamil

Manfaat Seafood untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Manfaat Seafood untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin 1920 1281 Muhamad Adinugraha Wicaksana

Walaupun Indonesia dijuluki sebagai negara Maritim yang kaya, budaya mengonsumsi bahan makanan hasil laut masih cukup memprihatinkan. Berdasarkan data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tahun lalu, konsumsi ikan di Indonesia masih kalah jauh dengan Malaysia dan singapura, yaitu dengan selisih 30-40 kg per kapita per tahun. Hal ini tentunya berdampak langsung pada kualitas gizi dan kualitas sumber daya manusia itu sendiri. 

Oleh karena itu, kesadaran akan pentingnya konsumsi makanan hasil laut harus lebih dikembangkan di seluruh lapisan masyarakat, terutama pada ibu hamil dan anak. Tanpa disadari, keluarga yang gemar mengonsumsi seafood adalah keluarga yang lebih berpotensi dalam menciptakan generasi cemerlang di masa depan. 

Apa saja manfaat seafood bagi ibu dan anak? Simak penjelasan selanjutnya di bawah ini!

 

Pentingnya Asam amino esensial untuk ibu hamil

Seperti halnya vitamin dan mineral, asam amino esensial juga merupakan kunci utama untuk perkembangan janin yang sehat. Kadar asam “arachidonic”, jenis omega 6 berantai panjang, memang bisa didapatkan pada makanan olahan daging dan telur. Namun, kadarnya tidak seberapa bila dibandingkan dengan yang terkandung dalam ikan laut. 

Jenis asam amino lain seperti DHA yang terkandung pada omega-3 juga berperan penting pada proses pertumbuhan janin, di antaranya:

  • Sistem saraf dan struktur otak pada janin.
  • Sistem pembuluh darah pada janin.
  • Fungsi kognitif anak.

Makin banyak asupan DHA pada ibu hamil, makin besar pula asupan DHA yang diperoleh janin. Pada orang dewasa, kadar asupan DHA yang ideal adalah 100 mg  tiap harinya. Jumlah ini naik menjadi dua kali lipat pada ibu hamil, karena di samping untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu, DHA juga digunakan sebagai asupan janin. 

Manfaat seafood yang mengandung DHA lebih banyak dibanding makanan lain akan sangat membantu ibu hamil pada fase ini. Dengan seafood, ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan DHA per hari tanpa harus selalu memaksakan diri untuk makan dalam porsi besar yang dapat memicu mual dan muntah. 

 

Manfaat Seafood Pada Pencegahan Bayi Prematur

Manfaat seafood lainnya yang sangat penting untuk diketahui oleh ibu hamil adalah kemampuannya mencegah bayi terlahir prematur. Kurangnya konsumsi makanan laut bisa berakibat sangat fatal bagi kesehatan ibu hamil dan kandungannya. Selain pada janin, DHA pada omega-3 juga berpengaruh pada durasi kehamilan. Berdasarkan penelitian, Ibu hamil dengan kadar DHA rendah cenderung mengalami periode kehamilan yang lebih pendek dari semestinya dan melahirkan bayi prematur. 

Perlu diketahui, bayi prematur pada dasarnya adalah bayi yang tidak mencapai kondisi pertumbuhan optimal ketika masih berada dalam janin. Kondisi ini juga akan mengganggu fase pertumbuhan bayi yang cenderung lebih lamban dibandingkan bayi yang terlahir normal. 

Lebih jauh, Kadar DHA pada ibu juga menentukan kadar DHA dalam ASI yang diproduksi. Asupan DHA yang cukup pada ibu mampu mengurangi resiko malnutrisi pada bayi. Bayi yang terpenuhi kebutuhan nutrisinya akan terhindar dari ancaman gangguan pertumbuhan anak seperti: 

  • Stunting.
  • imunitas anak yang rendah.
  • ADHD dan disleksia.
  • Lemah jantung dan aritmia.
  • Kemampuan gerak dan koordinasi fisik yang buruk.
  • Katarak, glaucoma, dan gangguan penglihatan lainnya.

Berbagai penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan terkait nutrisi dan perkembangan anak semakin membuktikan besarnya manfaat seafood bagi kesehatan ibu dan bayi. Kini saatnya giliran anda mengambil keputusan cerdas untuk mengubah pola makan Anda menjadi lebih sehat dan mengonsumsi makanan laut lebih banyak lagi demi masa depan anak dan kemajuan generasi bangsa kita di masa depan. Yuk makan ikannya, Famz!

 

Ditulis oleh Moh Adinugraha Wicaksana, VIP Talent Suarise

Author Profile

Muhamad Adinugraha Wicaksana
Muhamad Adinugraha Wicaksana
Nugie adalah talent tunanetra Suarise, dan merupakan peserta dari pelatihan Suarise Digital Content Writing batch 2.

Muhamad Adinugraha Wicaksana

Nugie adalah talent tunanetra Suarise, dan merupakan peserta dari pelatihan Suarise Digital Content Writing batch 2.

All stories by : Muhamad Adinugraha Wicaksana