Cara Menjaga Manfaat Seafood Untuk Anak

ilustrasi seafood

Cara Menjaga Manfaat Seafood Untuk Anak

Cara Menjaga Manfaat Seafood Untuk Anak 1920 1280 Moh. Reza Akbar Ardiansyah

Masa kanak-kanak adalah masa penting di mana semua bagian tubuh mulai tumbuh dan berkembang. Untuk itu, asupan gizi yang tepat sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang mereka. Sebagai orangtua, Famz perlu memilih jenis makanan yang tepat agar mampu memenuhi kebutuhan gizi anak. 

Salah satu jenis makanan yang kaya akan gizi adalah seafood. Manfaat seafood sangat baik karena biasanya seafood memiliki kandungan omega 3 dan protein yang tinggi. Seafood juga membantu dalam pembentukan otot dan menjaga keseimbangan metabolisme tubuh. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI No. 75 Tahun 2013 tentang Angka Kecukupan Gizi, anak usia 7-9 tahun dianjurkan mengonsumsi omega 3 sebesar 0,9 gram. Sementara itu, anak usia 10-12 tahun dianjurkan mendapat 1,2 gram omega 3. Seafood sendiri memiliki kandungan lemak sebesar 5 %, protein 15 %, vitamin mineral 5 %. Selain itu, yang juga tak kalah penting, seafood juga mengandung Omega 9 dan asam amino esensial yang bisa membantu tumbuh kembang secara optimal pada anak.

 

Manfaat Seafood Untuk Anak

Manfaat ikan sudah terbukti sebagai sumber protein dan lemak yang baik untuk anak. Hal ini  karena dalam tubuh ikan terkandung Omega 3 yang memang dibutuhkan oleh semua orang, baik anak maupun orang dewasa. Perlu diketahui, ikan laut adalah salah satu jenis seafood yang bermanfaat dan relatif aman dikonsumsi oleh anak, sepanjang tidak dengan mengonsumsi telurnya. Telur ikan memiliki kandungan atau kadar sodium yang sangat tinggi sehingga bisa memicu terjadinya tekanan darah tinggi, stroke, dan jantung. 

Kandungan protein yang tinggi pada seafood dapat digunakan untuk pertumbuhan dan perbaikan sel dalam tubuh anak. Selain itu, seafood juga sangat baik bagi system pencernaan anak karena mengandung protein yang mudah untuk dicerna, di mana protein ini memiliki jaringan ikat lebih rendah dan serat lebih pendek. Seafood juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan jantung.

Selain bermanfaat untuk pencernaan dan jantung, seafood juga mengandung taurin. Taurin–zat yang terkandung dalam Air Susu Ibu (ASI)–dibutuhkan oleh bayi untuk pertumbuhan syaraf dan mencerdaskan anak. Untuk mendapatkan manfaat dari zat Taurin, Famz bisa mengkonsumsi kerang dan kepiting.

Dalam memilih produk seafood untuk anak, seafood  yang dikonsumsi harus dalam kondisi segar guna menjamin kesehatannya. Selain itu, pilih juga ikan dengan kadar merkuri yang rendah. Merkuri banyak terakumulasi dalam tubuh kerang dan ikan besar. 

Melihat banyaknya manfaat seafood, ada baiknya Famz memberikan anak seafood atau makanan olahan laut, selama mereka tidak memiliki alergi. Agar anak tidak merasa bosan mengonsumsi makanan olahan laut, maka Famz dapat menyiasatinya dengan melakukan berbagai variasi saat mengolahnya. Lewat berbagai variasi tersebut, anak secara tidak langsung juga akan dilatih mengenal tekstur dari berbagai jenis seafood.

 

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Seafood Untuk Anak!

Meski kaya gizi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan orangtua ketika memilih seafood untuk dikonsumsi anak-anak, mulai dari tingkat kesegarannya, cara pengolahannya, hingga jumlah seafood yang tepat untuk dikonsumsi. 

Selain mengandung gizi serta protein yang dibutuhkan anak, seafood juga mengandung kolesterol. Bahkan, ada beberapa makanan olahan laut yang memiliki kandungan kolesterol yang tinggi seperti cumi-cumi. Sedangkan kepiting, udang, dan kerang, masuk kategori seafood dengan kandungan kolesterol cukup tinggi.

Jadi Famz harus bijaksana dalam mengonsumsi olahan seafood agar mendapatkan manfaat seafood yang optimal, terutama dalam mengonsumsi seafood berkolesterol. Artinya, jangan sampai menjadi bumerang. Inginnya membuat anak sehat tapi yang terjadi malah sebaliknya. 

Untuk mendapatkan kelezatan seafood serta manfaat optimal, berikan produk olahan seafood yang aman dan terpercaya untuk anak-anak. Fiesta Seafood yang praktis, enak, sehat menjadi pilihan tepat karena merupakan produk berkualitas untuk keluarga berkualitas.

 

Ditulis oleh M Reza Akbar Ardiansyah, VIP Talent Suarise

Author Profile

Moh. Reza Akbar Ardiansyah
Moh. Reza Akbar Ardiansyah
Ega adalah talent tunanetra Suarise, dan merupakan peserta dari pelatihan Suarise Digital Content Writing batch 2.

Moh. Reza Akbar Ardiansyah

Ega adalah talent tunanetra Suarise, dan merupakan peserta dari pelatihan Suarise Digital Content Writing batch 2.

All stories by : Moh. Reza Akbar Ardiansyah