7 Jenis Minuman Kopi Paling Diminati, Kamu Suka Yang Mana?

Ilustrasi meja berisi kopi dan makanan

7 Jenis Minuman Kopi Paling Diminati, Kamu Suka Yang Mana?

7 Jenis Minuman Kopi Paling Diminati, Kamu Suka Yang Mana? 3175 2116 Aryani Sri Ramadhani

Minum kopi sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern saat ini. Minum kopi tubruk khas Indonesia atau jadwal rutin nongkrong di kedai kopi ternama seakan  jadi aktivitas wajib, terutama bagi anak milenial zaman now. Jenis minuman kopi yang dinikmati juga sangatlah beragam, mulai dari espresso sampai macchiato.  Nah, buat lo yang kadang masih bingung tentang jenis minuman kopi, ini kami buatkan ringkasan singkat tentang jenis minuman kopi yang populer dan biasa ada di kedai kopi. Yuk baca biar lo ga cuma nebak-nebak pas pesen kopinya.

Espresso

Espresso adalah dasar dari hampir seluruh pembuatan jenis minuman kopi yang beredar. Dibuat dengan mesin khusus bertekanan tinggi, jenis kopi ini mempunyai cita rasa yang pekat dan kental. Espresso biasa disajikan di gelas kecil khusus bervolume 30 ml sampai dengan 180 ml. Pecinta kopi pahit wajib coba!

Americano

Membaca dari namanya kita bisa menebak dari mana asal jenis minuman kopi ini. Yap lo bener, Amerika. Orang-orang Amerika suka sekali menyeruput jenis minuman kopi ini. Terbuat dari espresso yang dicampur lagi dengan air hangat. Menciptakan cita rasa yang lebih ringan dibanding espresso.

Latte

Jenis minuman kopi ini paling populer di kedai kopi. Terbuat dari campuran espresso, susu dan sedikit buih susu diatasnya. Perbandingannya 1 shot espresso dicampur dengan 3 shot susu steam dan 1/3 buih susu. Jadi buat lo yang gak terlalu suka rasa kopi yang pahit, jenis minuman kopi dengan dominasi rasa susu ini cocok banget buat lo.

Cappuccino

Jenis minuman kopi ini punya campuran yang sama dengan latte, yaitu espresso, susu steam dan buih susu. Yang berbeda hanyalah takarannya. Kalau dominasi rasa pada latte adalah rasa susunya, pada cappucino jumlah espresso dan susu sama. Jadi Coffee Lovers bisa merasakan keseimbangan pahitnya kopi bercampur dengan gurihnya susu steam.

Mocha

Pecinta coklat harus coba jenis minuman kopi yang satu ini. Paduan yang hampir sama dengan cappucino dengan tambahan bubuk coklat atau coklat panas membuat jenis minuman kopi ini punya cita rasa luar biasa. Perpaduan pahitnya kopi dan coklat bercampur dengan gurih susu steam menjadikan mocha banyak diminati. Sampai-sampai merk-merk kopi instan ternama berlomba membuat varian jenis minuman kopi ini.

Frappe

Jenis minuman kopi ini berasal dari Yunani, es kopi berselimut buih susu. Bermula dari ketidaksengajaan Dimitrios Vakondios yang tidak menemukan mesin air panas saat pameran internasional padahal ia harus berjualan kopi. Akhirnya Dimitrios mencampur kopi instan dengan air, gula dan susu coklat. Tak disangka ketidaksengajaan ini membuat frappe menjadi salah satu minuman kopi yang diminati saat ini.

Macchiato

Jenis minuman kopi ini tengah populer di berbagai negara termasuk Indonesia. Mempunyai campuran yang sama dengan latte dan cappucino, hanya perbandingan dan cara penyajiannya berbeda. Kandungan susu pada macchiato lebih banyak dibanding capucino tapi tidak sebanyak latte, jadi rasanya ada  ditengah-tengah latte dan cappucino. Cara penyajiannya juga berbeda, pada macchiato susu dimasukkan terlebih dahulu setelah itu espresso dan buih susu. Cara penyajian seperti ini menghasilkan lapisan yang unik.

Nah, ternyata gak susah ya Coffee Lovers membedakan jenis minuman kopi ini. Jadi nanti pas lihat menu di kedai kita bisa pesan sesuai selera kita. Salam semangat!

 

Ditulis oleh Aryani Sri Ramadhani, VIP Talent Suarise