Jenis Kopi Berkualitas dari Indonesia yang Dikenal Dunia

ilustrasi kedai kopi berkualitas

Jenis Kopi Berkualitas dari Indonesia yang Dikenal Dunia

Jenis Kopi Berkualitas dari Indonesia yang Dikenal Dunia 1920 1080 Suryo Pramono

Kita semua tahu kalau Indonesia sebagai negara tropis yang memiliki gunung api aktif sangat cocok untuk ditanami beberapa jenis kopi. Ini karena pohon kopi biasanya tumbuh di lereng-lereng pegunungan yang mengandung banyak mineral akibat dari muntahan letusan gunung. Kondisi tersebut yang membuat Indonesia menghasilkan biji-biji kopi yang berkualitas dan diakui oleh dunia. 

Menurut sejarah harga kopi pada masa penjajahan lebih mahal dari emas, maka pada masa penjajahan kopi adalah salah satu komoditas yang menjadi incaran. Selain rasanya yang nikmat, apa Coffee Lovers tahu kenapa kopi menjadi istimewa? Kopi adalah biji ajaib yang dapat menghasilkan minuman yang bisa meningkatkan adrenalin. Ini karena setiap biji kopi mengandung zat yang bernama kafein. 

 

Kafein Dan Adrenalin

Sekarang kita samakan persepsi dulu ya, jadi kafein itu bukan zat penghasil adrenalin, tetapi kafein dapat memicu kelenjar medula yang mengandung sel kromafin yang merupakan sumber penghasil hormon jenis katekolamin yang kita kenal dengan hormon adrenalin. Nah, sekarang ngerti kan kenapa kopi itu sering disebut sebagai minuman yang bisa bikin seger dan anti ngantuk?

 

Kafein Pada Kopi

Kandungan kafein pada kopi nilainya lebih besar dari pada kafein yang terdapat dalam teh atau coklat, menurut Mayo Clinic, kandungan kafein dalam secangkir kopi (8 ons/ 237 ml) yang diseduh berkisar antara 95-200 mg. Kandungan ini tentu berbeda dalam kopi instan. Secangkir kopi instan (8 ons/ 237 ml) mengandung kafein lebih sedikit, yaitu berkisar 27-173 mg. Berbeda lagi dengan kopi bebas kafein. Walaupun namanya “bebas kafein”, tapi kopi ini tetap mengandung kafein (walaupun sangat sedikit), yaitu berkisar 2-12 mg.

 

Yuk Kenali Jenis Kopi yang Ada Di Indonesia

Umumnya di Indonesia ada dua jenis kopi yang dikembangkan, jenis Arabika dan Robusta. Untuk cita rasa kopi Robusta akan terasa lebih pahit dan asam dibandingkan jenis Arabika, kenapa bisa begitu? Karena secara persentase kandungan kafein dan asam pada setiap biji kopi Robusta lebih besar dari jenis biji kopi Arabika. 

Kopi Arabika mengandung kafein 0,4-2,4%  dari total berat kering sedangkan kopi Robusta mengandung kafein 1- 2% dan asam organik 10,4%.  Kandungan kafein dalam secangkir kopi seduh yaitu 0,9-1,6% pada kopi Arabika, 1,4-2,9% pada kopi Robusta,  dan 1,7% pada campuran kopi Arabika dan kopi Robusta dengan perbandingan 3:2. 

Kafein yang terkandung di dalam biji kopi sangrai adalah sebesar 1% untuk kopi Arabika dan 2% untuk kopi Robusta. Kandungan kafein biji mentah kopi Arabika lebih rendah dibandingkan biji mentah kopi Robusta, kandungan  kafein kopi Robusta sekitar 2,2% dan Arabika sekitar 1,2 %  

 

Produk Olahan Kopi

Saat ini banyak produk hasil olahan dari bahan kopi, sehingga Coffee Lovers bisa memilih sendiri produk yang sesuai dengan kebutuhan Coffee Lovers. Seperti kopi dalam bentuk permen, kopi dalam bentuk sachet atau yang kita kenal dengan kopi instan, dan produk kopi ready to drink yang bisa dengan mudah Coffee Lovers dapatkan di minimarket terdekat. Kopi jenis ready to drink disebut menjadi kopi kekinian, karena kopi kemasan ready to drink sesuai dengan kebutuhan Coffee Lovers kaum milenial yang aktif dan praktis, yang membutuhkan asupan kafein secara instan dan mudah untuk menambah semangat telah menjadi kebutuhan. 

Pertanyaannya adalah, mana produk kopi ready to drink yang benar-benar berkualitas?  

Mungkin referensi berikut bisa menjadi pertimbangan Coffee Lovers untuk memilih kopi yang berkualitas. Pertama, produk kopi berkualitas pasti diperoleh dari biji kopi pilihan dengan pengolahan biji kopi terbaik. Kedua, harus mengandung nutrisi yang baik buat tubuh Coffee Lovers, pastinya kopi yang mengandung krim dan susu sehingga tidak hanya membuat kopi disebut minuman anti ngantuk, tapi juga bikin seger. Dan yang ketiga, proses ekstraksi harus di suhu yang pas 78 derajat sehingga hasilnya menjadi optimal, yang membuat biji kopi tidak gosong dan meninggalkan cita rasa kopi yang pas. 

Itu sebabnya Mayora menghadirkan produk kopi ready to drink dengan nama Kopiko 78c. mengandung bahan: air, gula, ekstrak kopi, susu bubuk, lemak susu, stabilizer, emulsifier, susu rasa kopi, membuat Kopiko 78c sebagai minuman yang mudah diperoleh, praktis, mengandung nutrisi, dan yang pasti bikin seger dan anti ngantuk, dengan pilihan varian Coffee Latte, Caramel Frappe, dan Mocharetta membuat Coffee Lovers bisa bebas memilih jenis kopi yang sesuai dengan kepribadian Coffee Lovers.

 

Ditulis oleh Suryo Pramono, VIP Talent Suarise

Author Profile

Suryo Pramono
Suryo adalah talent tunanetra Suarise, dan merupakan peserta dari pelatihan Suarise Digital Content Writing batch 2.

Suryo Pramono

Suryo adalah talent tunanetra Suarise, dan merupakan peserta dari pelatihan Suarise Digital Content Writing batch 2.

All stories by : Suryo Pramono