Begini Cara Melepas dan Mengganti Popok Dewasa yang Benar

ilustrasi tangan lansia

Begini Cara Melepas dan Mengganti Popok Dewasa yang Benar

Begini Cara Melepas dan Mengganti Popok Dewasa yang Benar 1920 1280 Moh. Reza Akbar Ardiansyah

Berbeda dengan penderita inkontinensia urin usia muda yang masih aktif, penggunaan popok dewasa pada lansia atau orang dengan gangguan kesehatan yang menyebabkan sulit beraktivitas biasanya membutuhkan bantuan orang lain dalam proses penggantiannya. Untuk melepas dan mengganti popok dewasa pada lansia ada caranya lho, Caring People. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak menyebabkan iritasi.

Setidaknya, ada dua tipe popok dewasa, yaitu popok dewasa tipe celana dan popok dewasa tipe perekat. Kedua tipe popok dewasa ini berbeda bentuk dan cara penggunaannya. Popok dewasa celana lebih cocok untuk mereka yang aktif dan masih mampu pergi ke toilet, baik itu sendiri atau pun  dengan bantuan. Sedangkan, popok dewasa perekat adalah popok dewasa yang cocok untuk mereka yang kondisinya lebih banyak berbaring, atau hanya bisa bangun untuk duduk dengan dibantu.

 

Nah, buat Anda yang masih bingung atau takut untuk membantu menggantikan popok dewasa pada lansia, begini caranya mengganti popok dewasa tipe perekat yang benar:

 

Melepas Popok Dewasa

Langkah pertama tentu saja Anda harus melepas popok yang sedang digunakan. Perhatikan langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya:

1. Cuci Tangan

Sebelum memulai, biasakan untuk mencuci tangan agar tidak menularkan kuman kepada orang yang akan diganti popoknya. Untuk menjaga kebersihan diri Anda, ada baiknya Anda mengenakan sarung tangan lateks untuk melindungi tangan dari cairan tubuhnya.

2. Siapkan Perlengkapan yang Dibutuhkan 

Siapkan popok baru dengan ukuran yang pas. Jangan lupa juga untuk menyiapkan  tisu basah.

3. Buka Perekat di Sisi Popok Dewasa

Setelah membuka perekat yang ada di kedua sisi popok dewasa, miringkan tubuhnya mendekati tubuh Anda. Lipat perekat pada sisi berlawanan. Lipat ke bawah supaya popok dewasa mudah dilepaskan. Setelah itu, bersihkan bagian depan dengan tisu basah.

4. Miringkan Tubuhnya 

Miringkan tubuhnya  membelakangi Anda. Miringkan sampai menyamping sepenuhnya, dan hampir tengkurap.

5. Lap Semua yang Perlu Dibersihkan 

Usap dan bersihkan semuanya sebelum popok dewasa dilepas, terutama jika ia telah buang air besar. 

6. Lepaskan Popok Dewasa 

Untuk melepasnya, tarik popok dewasa kemudian lipat supaya kotorannya tidak berceceran. Jika sudah, silakan membuang popok dewasa bekas tersebut. Anda bisa membungkusnya dengan kantung plastik terlebih dahulu sebelum dibuang ke tempat sampah agar baunya tidak terlalu menyengat.

7. Bersihkan Sampai Tuntas 

Jika popok dewasa telah berhasil dilepas, jangan lupa untuk membersihkan tuhuh dari orang yang akan Anda ganti popoknya. Anda bisa menggunakan tisu basah untuk membersihkan tubuhnya sampai tuntas. Bila sudah bersih dan tidak ada bekas kotoran lagi di tisu, maka Anda bisa melanjutkan proses penggantiannya.

 

Cara Memasang Popok Dewasa

Setelah berhasil melepas dan membersihkan popok yang kotor, kini saatnya memasangkan popok dewasa yang baru. Perhatikan langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya:

1. Letakkan Popok Dewasa di Bawah 

Buka popok dewasa baru yang telah Anda siapkan sebelumnya. Setelah itu, letakkan popok dewasa dengan sisi plastik menghadap ke bawah, kemudian dorong popok sejauh mungkin pada bagian bawah.

2. Miringkan Tubuhnya

Tarik tubuhnya mendekati tubuh Anda secara perlahan hingga menimpa popok dewasa yang baru, kemudian tarik popok dewasa melewati selangkangannya.

3. Pasang Perekat di Sisi Popok Dewasa

Sebelum memasang perekat, pastikan popok dalam posisi yang pas ya, Caring People! Tetapi jangan terlalu ketat supaya terasa nyaman. Sisakan ruang sebesar setidaknya satu jari di bawah lapisan perekat. Bila ia seorang pria, pastikan penisnya menghadap ke bawah. Jangan arahkan penis ke atas atau ke samping, karena popok dewasa akan bocor. Penis harus diarahkan ke bawah, mendekati dasar popok dewasa.

4. Bereskan Diri Anda 

Terakhir, waktunya membereskan diri Anda. Copot sarung tangan yang Anda kenakan lalu buang sarung tangan Anda.

Bagaimana, Caring People? Mudah, kan? Sekarang tidak perlu lagi bingung atau takut untuk mengganti popok dewasa demi kenyamanan penggunanya. Untuk menambah kenyamanan, pastikan Anda menggunakan popok dewasa terbaik dari Confidence Adult Care!

Author Profile

Moh. Reza Akbar Ardiansyah
Moh. Reza Akbar Ardiansyah
Ega adalah peserta dan talent dari pelatihan Suarise Digital Content Writing batch 2.

Moh. Reza Akbar Ardiansyah

Ega adalah peserta dan talent dari pelatihan Suarise Digital Content Writing batch 2.

All stories by : Moh. Reza Akbar Ardiansyah