5 Hal Wajib untuk Menjadi Pemimpin Luar Biasa

5 Hal Wajib untuk Menjadi Pemimpin Luar Biasa

5 Hal Wajib untuk Menjadi Pemimpin Luar Biasa 5445 3630 Aryani Sri Ramadhani

Menurut Kartini Kartono (1994 . 33) pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan khususnya kecakapan dan kelebihan di satu bidang, sehingga dia mampu memengaruhi orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas tertentu, demi pencapaian satu atau beberapa tujuan. Dari pengertian di atas kita bisa menyimpulkan kriteria menjadi pemimpin yang baik itu seperti apa. 

Namun, kadang kita lupa kalau setiap kita adalah pemimpin. Termasuk kita para pengusaha yang menjadi pemimpin dalam tim. Pemimpin seperti apakah kita? Berikut adalah hal yang harus kita lakukan untuk menjadi amazing leader.

1. Visi yang tajam 

Setiap pemimpin harus punya tujuan yang jelas. Hendak dibawa kemana usaha atau hidupnya. Nggak usah menjadi pemimpin kalau nggak punya visi! (Hehehe… menohok banget ya…)  Visi aja nggak cukup. Seorang pemimpin yang luar biasa harus punya visi yang tajam, yang mungkin membuat orang lain menyebut kita gila. Visi tajam layaknya pencipta pesawat yang disebut gila, atau seperti Thomas Alfa Edison yang dibilang nggak waras. 

Bagaimana halnya sebagai pengusaha? Misalnya visi dalam lima tahun lagi memiliki bisnis yang sistemnya autopilot, dengan omset milyaran per bulan, dan punya 100 panti asuhan yang tersebar di seluruh Indonesia. Jadi visinya bukan hanya tentang usaha tetapi juga apa yang bisa kita lakukan untuk orang banyak. Jangan mundur saat orang bilang kita tukang mimpi atau gila asal kita tahu apa langkah yang kita harus lakukan untuk bisa mencapai impian itu. 

2. Luar Biasa Cerdas

Ciri kedua dari amazing leader adalah cerdas. Cerdas berbeda dengan pintar, karena cerdas identik dengan bisa membaca situasi. Bisa berpikir out of the box bahkan sekarang katanya thinking without box.  Kalau kita sebagai pengusaha hanya berpikir tentang omset itu keliru besar. Berpikirlah apa yang bisa kita berikan agar bisa memberikan lebih terhadap produk kita agar jadi luar biasa diminati.

Contohnya Ustadz Lukmanul Hakim yang bisa masuk ke ribuan pesantren dan yayasan rumah yatim piatu dengan infak berasnya. Infak beras mengajak orang-orang berdonasi Rp20.000 untuk diberikan ke panti asuhan dan pondok pesantren yang membutuhkan. Awalnya hanya beberapa ratus kilo beras; sekarang bisa membeli beras dari petani sebanyak ratusan ton setiap bulannya. Terlihat dampaknya sungguh besar, tidak hanya bermanfaat untuk santri dan anak yatim tapi juga untuk para petani beras. Contoh lain adalah kitabisa.com. Dulu umumnya orang meminta sumbangan menggunakan toa dan kotak sumbangan di pinggir jalan. Kitabisa.com membuat aplikasi sedekah yang saat ini nilai sedekahnya bisa di angka Rp300 milyar per tahun. Masyaallah.

3. Pembelajar Sejati

Seorang amazing leader adalah seorang pembelajar yang selalu haus ilmu. Dunia selalu berkembang dan belajar adalah salah satu cara mengikuti perkembangan zaman. Selain itu, mempelajari syariat-Nya adalah keharusan agar seorang pemimpin tidak salah langkah. 

4. Open Minded 

Seorang pemimpin jelas harus punya pemikiran terbuka, menerima masukan dan tidak melulu berkutat pada lingkungannya saja. Pemimpin hendaknya punya pergaulan luas jadi tahu apa yang sedang dan menjadi kebiasaan suatu kelompok. Nokia yang tidak mau menerima Android akhirnya kalah dalam persaingan.

Baca juga tulisan-tulisan Aryani lainnya di sini

5. Memiliki Strong Why

Alasan yang kuat adalah ciri seorang amazing leader. Ini juga yang kadang buat seorang pemimpin kadang keras kepala. Ia tahu kalau ia punya alasan dan tujuan yang kuat dan jelas. Strong why ini juga yang buat seorang pemimpin pantang menyerah;  istilahnya bila jatuh bangun lagi, jatuh bangun lagi, dan terus begitu. 

Ada yang bertanya, bagaimana kalau perempuan? Kan kita punya pemimpin di rumah yaitu suami? Ya, betul, seorang suami adalah pemimpin untuk keluarganya. Namun, tahu kan pepatah yang mengatakan di balik laki-laki hebat ada perempuan yang hebat. Maksudnya, sebagai seorang perempuan hendaknya menjadi pendukung dan penyemangat suami kita agar ia menjadi sosok pemimpin yang luar biasa. 

Setelah mengetahui 5 karakteristik menjadi pemimpin, mari kita introspeksi diri. Apakah ciri-ciri di atas sudah ada pada diri kita? Kalau belum ada, ayo tumbuhkan; kalau sudah ada tapi belum lengkap, ayo tambahkan; bila sudah lengkap, ayo pertahankan dan pengaruhi orang lain untuk menjadi pemimpin hebat.

Catatan Kaki: Tulisan ini adalah ringkasan dari kajian Sekolah Online Muslim-Preneurship yang dibawakan oleh Ustadz Fatih Karim pada Maret 2021