Ini dia manfat susu UHT yang mungkin tidak kamu ketahui

anak perempuan meminum segelas susu

Ini dia manfat susu UHT yang mungkin tidak kamu ketahui

Ini dia manfat susu UHT yang mungkin tidak kamu ketahui 5040 3360 Sofwan Maulana

Pasti banyak kan yang pernah beli susu UHT, tapi sudah pada tahu belum apa maksudnya UHT itu? Lalu, apakah sudah tahu manfaat susu UHT bagi semua orang, bukan cuma anak-anak saja? Salah satunya karena susu UHT mengandung vitamin D, protein, dan kalsium yang dibutuhkan oleh orang di segala usia. Cari tahu manfaat susu UHT lainnya di sini ya!

Susu cair UHT dan manfaatnya

Foto: susu cair UHT

Alt teks: Susu cair UHT

Susu cair UHT bisa kamu temukan banyak beredar di pasaran. Susu UHT terbuat dari susu sapi segar yang kandungan nutrisinya dipertahankan seperti aslinya, lalu melewati proses pasteurisasi dengan teknik pengolahan ultra high temprature, makanya disebut UHT. Nah, ultra high temprature adalah suatu teknik di mana susu akan dipanaskan di atas suhu 135 derajat Celsius selama 1 hingga 2 detik, sehingga berbagai bakteri yang tidak baik bagi tubuh akan hilang, tanpa mengurangi kandungan nutrisi yang terkandung pada susu. Jadi, susu akan lebih aman dikonsumsi serta lebih awet untuk disimpan. Susu UHT bisa disimpan selama 9 bulan selama kemasannya tidak dibuka atau rusak.

Susu UHT merupakan sumber protein, lemak, kalsium, dan vitamin D yang baik, manfaatnya tidak perlu diragukan bagi orang dewasa ataupun anak-anak, sehingga baik untuk dikonsumsi setiap hari. Selain itu, karbohidrat dan lemak baik yang terkandung di susu ini juga dibutuhkan semua orang, apa lagi di masa pandemi seperti ini di mana kita butuh asupan gizi lebih baik agar imunitas tubuh kita makin terjaga. Protein dan berbagai macam vitamin serta mineral pada susu dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. 

Meski baik, apa keluarga nggak akan bosan, ya?

Gambar: Sekeluarga lagi minum susu

Alt teks: Ilustrasi keluarga yang sedang minum susu bersama

Caption: keluarga yang sedang minum susu

Terlepas dari berbagai manfaat baik yang terkandung, apakah pernah terpikir bahwa keluarga akan bosan ketika disuguhi susu setiap hari? Seenak apapun susunya, sewaktu-waktu mungkin akan muncul rasa bosan jika konsumsinya itu-itu saja. Karenanya, perlu kiranya kreativitas dalam memasukkan susu ke dalam menu keluarga setiap hari. Salah satunya seperti ide kreatif dari susu Indomilk UHT 1l yang digunakan sebagai alternatif pengganti susu dalam pembuatan kue, puding, pancake, brownies, atau snack lain yang biasa keluarga santap setiap hari.

Tak perlu khawatir rasanya akan berubah, karena susu Indomilk UHT 1l terbuat dari susu sapi segar tanpa tambahan garam, sehingga rasa camilan yang dibuat bisa tetap dipertahankan. Lalu, susu Indomilk UHT 1l juga dikemas dengan teknologi NutriKeep, sehingga kebaikan alami susu dapat tetap terjaga. Tak hanya cita rasa snack harian dapat dipertahankan, tetapi kue konsumsi sehari-hari bisa lebih sehat, sebab susu yang digunakan memiliki lemak jenuh yang lebih rendah. 

Selain digunakan sebagai pengganti susu dalam camilan harian, susu Indomilk UHT 1L juga bisa digunakan sebagai pengganti santan dalam masakan lauk. Susu indomilk UHT 1L tak ditambahi garam sehingga sangat cocok sebagai alternatif pengganti santen. Kegurihan makanan dapat tetap terjaga, serta kandungan lemak jenuh yang tinggi dalam santan bisa jauh berkurang karena susu memiliki kadar lemak jenuh yang jauh lebih rendah dibanding santan. Makanan yang dimasak akan tetap gurih, nikmat, dan lezat walaupun dimasak tanpa menggunakan santan. Jangan lupa soal nutrisi yang terkandung dalam susu seperti protein, karbohidrat, dan vitamin D yang akan masuk dalam makan siang kalian. Selain lemak jenuh berkurang, makanan akan lebih bergizi. 

Tunggu apa lagi? Yuk, mulai kreasikan hidangan snack dan masakan dengan susu Indomilk UHT sekarang.