Cara Melindungi Akun Whatsapp Supaya Aman dari Pembajakan

tangan menggengam smartphone yang menampilkan aplikasi whatsapp

Cara Melindungi Akun Whatsapp Supaya Aman dari Pembajakan

Cara Melindungi Akun Whatsapp Supaya Aman dari Pembajakan 3700 2467 Bayu Aji

Saat ini Whatsapp menjadi salah satu aplikasi chatting paling populer di dunia. Hampir semua orang mulai dari anak-anak sampai orang tua memiliki akun Whatsapp. Berbagai urusan seperti urusan keluarga sampai urusan pekerjaan dilakukan melalui Whatsapp. Namun, kamu harus berhati-hati karena akun Whatsapp dapat diretas dan dibajak oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Orang tersebut dapat menyalahgunakan akun Whatsapp-mu untuk melakukan kejahatan seperti menyebarkan data pribadi, melakukan penipuan, dan cyberbullying. Nah agar akun Whatsapp aman, kamu dapat mempraktikan cara melindungi akun Whatsapp di bawah ini

Baca juga:  8 Kiat Cegah Dampak Negatif Internet; Kebocoran Data Pribadi Pada Anak

Cara Efektif Melindungi Akun Whatsapp

Mengaktifkan fingerprint lock (kunci sidik jari)

Cara melindungi akun Whatsapp yang pertama adalah mengaktifkan fingerprint lock (kunci sidik jari). Saat fitur ini aktif kamu tidak perlu khawatir orang lain membuka Whatsappmu karena kamu hanya dapat mendaftarkan satu jari saja. Cara mengaktifkan fitur ini adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Whatsapp di smartphonemu
  2. Klik tombol 3 titik yang berada di pojok kanan atas
  3. Pilih settings (setelan)
  4. Klik account (akun)
  5. Pilih privacy (privasi)
  6. Scroll ke bawah dan klik fingerprint lock (kunci sidik jari)
  7. Klik aktifkan
  8. Sentuh sensor fingerprint di smartphone-mu; letak tak sensor vingerprint di setiap smartphone berbeda-beda, ada yang menyatu dengan tombol power atau di bagian belakang smartphone

Mengaktifkan two step verification

Cara kedua untuk melindungi akun Whatsapp adalah mengaktifkan two step verification atau verivikasi dua langkah. Caranya pun sangat mudah.

Apa itu two step verification?

Mengutip situs resmi Whatsapp, two step verification adalah fitur yang berfungsi untuk menambah keamanan akun. 

Bagaimana cara kerja two step verification?

Cara kerja two step verification adalah meminta pengguna memasukkan PIN saat login. Jadi ketika biasanya untuk login pengguna cukup memasukkan kode OTP yang diterima melalui SMS, saat two step verification diaktifkan, pengguna harus memasukkan PIN.

Bagaimana cara mengaktifkan two step verification?

Setelah kamu mengetahui pengertian verifikasi dua langkah dan cara kerjanya, selanjutnya akan dijelaskan bagaimana cara mengaktifkan verifikasi dua langkah di Whatsapp. Yuk, ikuti lngkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi whatsapp di smartphonemu
  2. Klik tombol 3 titik yang berada di pojok kanan atas
  3. Pilih settings (setelan)
  4. Klik account (akun)
  5. Pilih two step verification (verifikasi dua langkah)
  6. Pilih enable (aktifkan)
  7. Buatlah 6 digit angka sebagai PIN 
  8. Masukkan lagi PIN yang sudah dibuat untuk mengonfirmasi 
  9. Whatsapp akan memberikan opsi untuk menambahkan alamat email. Masukkan alamat email, lalu klik next (berikutnya). Alamat email ini berfungsi untuk mereset PIN. Jika kamu tidak ingin menambahkan alamat email kamu dapat memilih skip (lewati). 
  10. Pilih save. 
  11. Selesai, two step verification sudah aktif

Nantinya setelah fitur ini aktif secara berkala whatsapp akan meminta pengguna memasukkan PIN agar tidak lupa.

Nah setelah akun whatsappmu terlindungi, jangan lupa juga melindungi kesehatanmu. Kamu bisa menggunakan asuransi untuk memberi perlindungan tambahan. Astra life memiliki berbagai pilihan produk kesehatan yang menarik. kamu dapat menyesuaikan menggunakan produk kesehatan yang sesuai dengan kebutuhanmu. Misalnya Flexi Life Protection.

Flexi Life Protection merupakan asuransi pertama yang memberi kebebasan nasabah menentukan besaran uang premi dan pertanggungan. kamu dapat mengajukan uang pertanggungan hingga lima milyar rupiah. Tenang aja kamu tidak perlu melakukan cek medis untuk mengajukan pertanggungan. Kelebihan lain Flexi Life Protection adalah dapat mengklaim uang asuransi secara online. Untuk informasi lengkap tentang Flexi Life Protection, kamu dapat mengunjungi laman ini.

Astra Life, urusan tak terduga dalam hidup jadi no worries #iGotYourBack